Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

PERSAMAAN DUKUN PONARI DAN GERAKAN KARISMATIK

alkitabiah's picture

Persamaan Dukun Ponari dan Gerakan Karismatik byalkitabiah.wordpress.com

“Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh. Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya, Markus 16:17-20
 
Saat ini marak terjadi salah tafsir yang berujung pada kesesatan-kesesatan. Kita semua sangat memaklumi terjadinya fenomena DUKUN PONARI yang belakangan ini ramai dikunjungi pasien yang ingin disembuhkan olehnya. Dukun Ponari tidak melandaskan tidakannya pada Alkitab, wajar dia berbuat demikian karena Dukun Ponari tidak memiliki rambu-rambu dari Allah yaitu ALKITAB. NAMUN yang sangat menyedihkan adalah fenomena inipun muncul di dalam gereja yang bahkan kemunculannya jauh sebelum DUKUN PONARI muncul. Padahal kita sudah memiliki rambu-rambu dari Tuhan yaitu ALKITAB. Jadi kesamaan DUKUN PONARI dan gerakan karismatik adalah sama-sama tidak mentaati rambu-rambu dari Allah yaitu ALKITAB. Bedanya hanya, Dukun Ponari tidak mengetahui ada rambu-rambu sedangkan Gerakan Karismatik sudah mengetahui ada rambu-rambu tetapi sengaja dilanggar.
 
Berikut ini patut direnungkan:
Kalau kita tengok kembali Ayat di atas terutama pada ayat 20, berbunyi ton (itu) logon (firman) bebaiountos (sedang meneguhkan) dia (melalui) ton (itu) epakolouthounton (sedang mengikuti) semeion (tanda-tanda). Yang bila diartikan secara literal berbunyi demikian …Sedang meneguhkan firman itu melalui tanda-tanda yang sedang menyertai (firman itu). Menarik disimak bahwa ternyata kata bebaiountos dan epakolouthounton memiliki bentuk present active participle yang artinya merujuk pada tindakan aktif kontemporer atau tindakan aktif sezaman/ sewaktu/ setempo.
Zaman apa yang dimaksud? Tentu Zaman di mana firman Tuhan atau Alkitab belum TEGUH atau belum selesai ditulis. Setelah Alkitab selesai ditulis dan firman Tuhan SUDAH TEGUH maka KUASA-KUASA yang disebutkan di atas sudah dapat dipastikan BUKAN BERASAL DARI TUHAN.
APAKAH ALLAH MASIH MENDATANGKAN MUJIZAT? MASIH, Allah masih mendatangkan MUJIZAT tetapi tidak mengKUASAkan kepada seseorang. Allah dapat menurunkan mujizat secara langsung. Jadi tidak ada seorangpun yang berhak mengklaim punya KUASA PENYEMBUHAN, PUNYA KUASA ILLAHI, dll. Alkitabiahnya, KUASA itu bukan berasal dari TUHAN.
 
 

Persamaan Dukun Ponari dan Gerakan Karismatik                                           by alkitabiah.wordpress.com

 

Dedy Yanuar's picture

kalau iri bilang aja

kalau iri ngeliat orang kristen bisa nyembuhin orang lain bilang aja. ha4x.

alkitabiah's picture

Saya berdasar pada alkitabiah

salam sejahtera,

Tulisan saya tidak menunjukkan kengirian sedikitpun, saya hanya mengutarakan berdasarkan kebenaran alkitabiah

GBUalkitabiah.wordpress.com

orgindo's picture

Loh.

Bisakah anda meresponi keempat hal ini.

Pertama, silakan lihat 1 Korintus 14:39.

Kedua, apakah anda berani menjamin, bahasa roh/mukjizat yang terjadi pada misionaris daerah2 terpencil BUKAN berasal dari TUHAN? Tulisan anda seolah-olah secara mutlak menyatakan bahwa Tuhan tidak lagi memberi Kuasa kepada orang di zaman sekarang. I would say, it is a very brave claim. Secara pribadi, aku tidak berani mengklaimnya.

Ketiga, anda berkesimpulan bahwa pengertian Teguh berarti sudah selesai ditulis. Bisakah anda menjelaskannya lebih jauh. Karena di sana ada langkah yang anda lompati, satu asumsi yang sangat besar.

Keempat, ingat, satu mukjizat yang palsu tidak bisa meng - invalidasi - kan keseluruhan mukjizat. Seperti, satu orang Kristen yang tidak hidup benar, tidak meng invalidasikan keseluruhan ajaran Kristen. Menyamakan kuasa Tuhan dengan kerjaan dukun Ponari, adalah satu tindakan yang cukup berani dan bodoh. Dasar anda sangat lemah, dan jujur aja, dengan menggunakan dasar anda untuk standar menghakimi, dari beberapa kejadian, pasti anda bisa salah. Karena itu bukan kebenaran. Silakan lempar dadu anda.

alkitabiah's picture

Jangan Loh!

salam sejahtera,

1. I Korintus 14:39 menganjurkan untuk mengejar karunia2 mujizat, dll karena pada waktu itu yang sempurna belum tiba atau ALKITAB BELUM SELESAI DITULIS. setelah Wahyu 22:21 selesai ditulis maka Karunia bahasa lidah, penglihatani, dll BUKAN DARI TUHAN

2. SAYA BERANI MENJAMIN berdasarkan ALKITAB bahwa yang mereka dapatkan BUKAN BERASAL DARI TUHAN

3. Berdasakan tata bahasa YUNANI, teguh yang dimaksud merujuk pada pokok kalimat tersebut yaitu FIRMAN ITU bukan ORANGNYA.

4. Saya tidak berkata bahwa MUJIZAT sudah tidak ada, MUJIZAT MASIH ADA, Tuhan masih menurunkan mujizatnya, tetapi KUASA MUJIZAT SUDAH TIDAK DIMILIKI OELH SESEORANG, kecuali Iblis yang memberikan

GBUalkitabiah.wordpress.com

orgindo's picture

setelah Wahyu 22:21 selesai

setelah Wahyu 22:21 selesai ditulis maka Karunia bahasa lidah, penglihatani, dll BUKAN DARI TUHAN

Ada referensi? Apakah alkitab mengatakan setelah wahyu selesai ditulis, karunia2 tersebut bukan berasal dari Tuhan lagi?

2. SAYA BERANI MENJAMIN berdasarkan ALKITAB bahwa yang mereka dapatkan BUKAN BERASAL DARI TUHAN

Um, saya tidak mau perdebatkan itu. Itu urusan anda dengan Tuhan.

3. Berdasakan tata bahasa YUNANI, teguh yang dimaksud merujuk pada pokok kalimat tersebut yaitu FIRMAN ITU bukan ORANGNYA.

 Saya tidak mempermasalahkan ORANGNYA. Saya hanya memohon kepada anda untuk memperjelas satu langkah asumsi yang anda buat. Firman itu Teguh, mengapa anda mendefinisikan Teguh sebagai "selesai ditulis". Seperti kata ko Hai2, asumsi ini tidak jelas, apakah teguh ketika firman selesai ditulis? Kita sendiri tidak tahu keseluruhan alkitab sampe ada kanon.

Saya tidak berkata bahwa MUJIZAT sudah tidak ada, MUJIZAT MASIH ADA, Tuhan masih menurunkan mujizatnya, tetapi KUASA MUJIZAT SUDAH TIDAK DIMILIKI OELH SESEORANG, kecuali Iblis yang memberikan

Bila Iblis memberikan, dari mana anda tahu, Iblis bisa memberikan kuasa itu? Apakah mereka hanya pura-pura? Kalau begitu, bagaimana anda menghubungkan tindakan mereka dengan hidup mereka yang mempunyai buah Roh? Bila Iblis memberikan kuasa itu kepada mereka, berarti mereka di bawah kuasa iblis, seseorang tidak dapat melayani 2 Tuhan, namun, bila anda melihat hidup mereka, setahu gw, seseorang karismatik BELUM TENTU hidupnya salah. Namun seseorang yang jelas2 mengikuti Iblis dan punya kuasa dari iblis, PASTI HIDUP kelihatan BOROKNYA. Bagaimana anda menghubungkan kedua kenyataan ini? Kekonsistensian pemikiran anda, pemahaman anda dengan alkitab dan realitas yang ada sedang diuji.

Peace

alkitabiah's picture

Alkitab sudah TEGUH

salam sejahtera

1. ada referensi ayatnya di Markus 16:17-20 dan I korintus 13:8-10

2. Ya, saya berani menjamin karena berdasarkan Alkitab

3. Karena Teguh di sini berhubungan dengan Wahyu Tuhan yang sudah teguh atau wahyu Tuhan yang sudah SEMPURNA (I Korintus 13:8-10)

4. Mujizat yang tidak alkitabiah saya yakini datangnya dari iblis. Kalau orang-orang jelas pengikut iblis pasti kelihatan BOROKnya, saya setuju sekali, seperti misalnya, mengajarkan tentang BERKAT, KESEMBUHAN, REJEKI DAN USAHA LANCAR, DAN HAL_HAL DUNIAWI LAINNYA, yang ada kesamaan dengan ajaran Iblis di gunung Kawi.

GBUalkitabiah.worpress.com

hai hai's picture

henso, Sang Pembela

Alkitabiah, walaupun bodoh namun si tua bodoh ini menuntut karena anda sendiri yang menyatakan: Ya, saya berani menjamin karena berdasarkan Alkitab.

Maafkan saya, situa bodoh ini memang cerewet. Kasihanilah si tua bodoh ini, tolonglah, jangan biarkan si tua bodoh ini mati penasaran tanpa mengetahui, "Ayat Alkitab manakah yang mengajarkan bahwa Iblis MAMPU melakukan mujizat?"

Oh ya, tolong beritahu si tua bodoh ini, ayat Alkitab mana yang menyatakan keberadaan MUJIZAT yang bukan dari Allah? Sebelum pikun menyergap, "Ayat Alkitab mana yang mengajarkan bahwa mujizat yang bukan berasal dari Allah datang dari Iblia?

henso sang pembela orang-orang yang didzolimi JF dan hai hai, tolong dong memberitahu alkitabiah bahwa yang diajarkannya dan DIJAMINNYA tidak diajarkan Alkitab. Hanya orang yang ADIL berani menuntut KEADILAN. Karena anda menuntut keadilan dari Admin, henso, anda pasti orang yang adil. Karena memastikan cara hai hai dan JF salah, anda pasti punya cara untuk memberitahu alkitabiah bahwa apa yang diajarkannya salah tanpa MEMAKINYA. henso sang penegak keadilan, tolong dong ajarkan caranya! Tolonglah situa bodoh ini, dengan menunjukkan bagaimana cara menyatakan kasih kepada alkitabiah.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

alkitabiah's picture

Iblis Dapat Bermujizat

salam sejahtera

Iblis dapat bermujizat, Matius 24:23-26

GBU alkitabiah.wordpress.com

 

Samuel Franklyn's picture

Iblis atau Nabi Palsu? Ini dua mahluk yang berbeda lho.

Matius 24:23-26
(23)  Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.
(24)  Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.
(25)  Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu.
(26)  Jadi, apabila orang berkata kepadamu: Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya.

Iblis atau Nabi Palsu? Ini dua mahluk yang berbeda lho. Iblis itu malaikat yang memberontak sedangkan nabi palsu adalah manusia. Tolong jangan dibilang mereka ini satu mahluk yang sama.

alkitabiah's picture

Wahyu 16:14

Syalom'allaikhem

Kalau Wahyu 16:14?

GBUalkitabiah.wordpress.com

Samuel Franklyn's picture

Tanda atau mujizat? Roh atau utusan?

Wahyu 16:13-14
(13)  Dan aku melihat dari mulut naga dan dari mulut binatang dan dari mulut nabi palsu itu keluar tiga roh najis yang menyerupai katak.
(14)  Itulah roh-roh setan yang mengadakan perbuatan-perbuatan ajaib, dan mereka pergi mendapatkan raja-raja di seluruh dunia, untuk mengumpulkan mereka guna peperangan pada hari besar, yaitu hari Allah Yang Mahakuasa.

Dalam membaca kitab Wahyu kita harus selalu menyadari bahwa kitab ini bukanlah kitab sejarah yang berisi catatan fakta yang terjadi. Kitab Wahyu adalah kitab yang ditulis berdasarkan penglihatan yang dialami oleh Rasul Yohanes di pulau Patmos. Jadi bahasa yang digunakan bukanlah bahasa literal melainkan bahasa simbol.

Dalam bahasa simbol ini maka roh najis/roh setan yang keluar dari mulut naga, binatang dan nabi palsu bukanlah roh dalam makna mahluk roh seperti malaikat. Roh yang dimaksud adalah utusan. Jadi triumvirat kejahatan mengutus utusan ke raja-raja diseluruh dunia. Kata perbuatan ajaib dalam ayat diatas berasal dari kata

say-mi'-on
Neuter of a presumed derivative of the base of G4591; an indication, especially ceremonially or supernaturally: - miracle, sign, token, wonder.

Kata ini bisa diterjemahkan menjadi mujizat atau tanda. Dalam banyak terjemahan kata ini tidak diterjemahkan menjadi mujizat/perbuatan ajaib/miracles melainkan diterjemahkan menjadi signs/tanda. Jadi kalau dipahami maknanya secara simbolis maka ayat tersebut diatas berbicara mengenai triumvirat kejahatan mengutus utusan kepada raja-raja bumi dan mereka memperlengkapi utusan mereka dengan tanda-tanda yang meneguhkan utusan tersebut. Tanda tersebut bisa terlihat menakjubkan tapi tanda tersebut bukan mujizat tapi adalah ilusi seperti yang dilakukan tukang sulap. Mungkin bisa di pelajari konfrontasi antara Musa dan para tukang sulap di Mesir.

Kejadian 7:10-12
(10)  Musa dan Harun pergi menghadap Firaun, lalu mereka berbuat seperti yang diperintahkan TUHAN; Harun melemparkan tongkatnya di depan Firaun dan para pegawainya, maka tongkat itu menjadi ular.
(11)  Kemudian Firaunpun memanggil orang-orang berilmu dan ahli-ahli sihir; dan merekapun, ahli-ahli Mesir itu, membuat yang demikian juga dengan ilmu mantera mereka.
(12)  Masing-masing mereka melemparkan tongkatnya, dan tongkat-tongkat itu menjadi ular; tetapi tongkat Harun menelan tongkat-tongkat mereka.

Yang dilakukan Musa dan Harun adalah mujizat tapi yang dilakukan orang Mesir adalah trik sulap.

alkitabiah's picture

Sami Mawon

Salam sejahtera

Semeion artinya seperti yang anda sebutkan di atas, kadang diartikan "tanda dan mujizat"

Di wahyu 16:14 tertulis pneumata daimonon yang artinya "roh iblis-iblis. jadi bukan utusan.

GBUalkitabiah.wordpress.com

Samuel Franklyn's picture

Kamu memahami kitab Wahyu secara literal atau simbolik?

Kamu memahami kitab Wahyu secara literal atau simbolik? Ini dulu yang perlu kita sepakati. Kalau kamu memahaminya secara literal maka walau kamu menentang gerakan karismatik tapi kamu memakai cara pemahaman mereka. Kalau kamu memakai cara simboliklah baru cara pemahaman kamu sejalan dengan pemaham aliran Kristen mainstream. Penafsiran kamu sami mawon ya dengan gerakan karismatik. Bwa ha ha ha.

alkitabiah's picture

penafsiran secara alkitabiah

salam sejahtera,

Tidak ada yang perlu disepakati, saya menafsirkan kitab wahyu sama seperti kitab-kitab lainnya,

Literal dan allegoris

GBU

Samuel Franklyn's picture

Wow jawaban yang sungguh rendah hati.

Wow jawaban yang sungguh rendah hati. Ya sudah saya cuci tangan deh.

alkitabiah's picture

SF anda jangan sombong

salam sejahtera,

saudara SF, anda jangan sombong, orang-orang Farisi ketika bertanya kepada Tuhan Yesus, dan mendapt jawaban yang tegas dari Tuhan, reaksinya sama dengan anda.

GBU

jesusfreaks's picture

@ALKITABIAH : MUJIZAT IBLIS DARI HONGKONG...

katanya Wahyu sudah menutup semua.

lah kok iblis masih bisa melakukan mujizat ?!?!

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

alkitabiah's picture

Kuasa kepada seseorang...

salam sejahtera,

Karena Firman Tuhan sudah TEGUH maka KUASA mujizat tidak diberikan oleh Tuhan kepada seseorang, maka ketika seseorang mengaku mendapatkan KUASA mujizat, asalnya bukan dari TUHAN.

GBUalkitabiah.wordpress.com

Sembahlah Allah dalam Roh dan Kebenaran 

hai hai's picture

Alkitabiah, Kembali Terbukti Anda Tidak Alkitabiah

Alkitabah, Samuel Frankly sudah mengutip ayat  yang anda maksudkan dan menjelaskannya dengan gamblang.

Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, kembali terbukti bahwa anda TIDAK alkitabiah. Izinkan saya mengusulkan agar anda lebih teliti lagi ketika membaca Alkitab.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

alkitabiah's picture

Beri saya kesempatan

Salam sejahtera,

Anda juga boleh membaca  Wahyu 16:14

GBUalkitabiah.wordpress.com

Karena di dunia yang terkecil adalah yang alkitabiah

hai hai's picture

Alkitabiah, Silahkan Tersenyum!

Itulah roh-roh setan yang mengadakan perbuatan-perbuatan ajaib, dan mereka pergi mendapatkan raja-raja di seluruh dunia, untuk mengumpulkan mereka guna peperangan pada hari besar, yaitu hari Allah Yang Mahakuasa. Wahyu 16:14

Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu, 2 Tesalonika 2:9   

perbuatan-perbuatan ajaib = Semeion
perbuatan ajaib = dunamis
tanda-tanda = Semeion
mujizat-mujizat = teras

Ha ha ha ... alkitabiah, maafkan saya karena punya pikiran jail. Ketika membaca komentar SF, saya menduga, anda pasti menghindari 2 Tesalonika 2:9 dan menggunakan Wahyu 16:14 untuk membalas komentarnya. Itu sebabnya saya ikut memberi komentar guna mendukung Samuel guna menguji dugaan saya dan itikad baik anda. Saya membayangkan, anda mengutip Wahyu 16:14 sambil tersenyum lebar penuh kemenangan sementara membayangkan Samuel yang kebingungan. Saya membayangkan, betapa lucunya wajah anda ketika membaca komentar saya ini. Ha ha ha ha ... Sangat Alkitabiah.  
 
Alkitabiah, silahkan  perhatikan kata-kata (dasar) dalam bahasa Yunani tersebut di atas. Bila saya menjelaskan, anda pasti akan kekeh jumekeh menyatakan bahwa roh-roh setan di dalam Wahyu 16:14 adalah malaikat yang memberontak kepada Allah. Baiklah kita diskusikan hal itu lain kali dalam blog yang berbeda. Untuk sementara kita asumsikan bahwa roh-roh setan di dalam Wahyu 16:14 adalah malaikat yang memberontak alias setan benaran, bukan perumpamaan.

Bukankah 2 Tesalonika 2:9 dengan GAMBLANG menjelaskan bahwa dunamis, Semeion dan teras yang DIADAKAN itu PALSU? PALSU CING! Ha ha ha ha ... TErnyata saya tidak kehabisan argumentasi atau kekurangan akal untuk MEMBUKTIKAN bahwa anda walaupu mengagul-agulkan diri Alkitabiah namun TIDAK alkitabiah sama sekali dan tegar tengkuk ketika diberi tahu.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

alkitabiah's picture

Jelas Palsu

salam sejahtera

Ya jelas palsu, kan dari IBLIS, kan yang asli sudah tidak diKUASAkan kepada seseorang, kan yang asli dari Tuhan langsung, kan begitu kan...

Tentang maksud anda itu kenapa mesti di blog lain, atau ini strategi baru untuk hit and run.

 saya juga tidak tertawa, karena setelah saya NGACA muka saya tidak lucu, jadi saya tidak tertawa

GBUalkitabiah.wordpress.com

Karena di dunia yang terkecil adalah yang alkitabiah

M23's picture

@alkitabiah,

Saya no comment aja deh. Karena blog ini juga mirip dengan blog anda,"Alkitab Adalah Satu-Satunya Firman Allah". Esensinya sama, pemaparannya aja yang berbeda. Kalau komentar juga tidak ditanggapi sih.

Saudara Alkitabiah, ahhhhh ya sudah lah, lebih baik saya menghela napas dalam-2 aja.

 

Tuhan aku percaya; tolonglah aku yang tidak percaya ini.

alkitabiah's picture

Jangan begitu lah

salam sejahtera,

Saya akan berusaha menanggapinya

GBU

Mikhael Romario's picture

letak alkitabiahnya

Gimana dengan dokter? alkitabiah atau nggak? kalau ya, bisa tunjukkan ayat-ayat yang mana saja?

 

Damai Kristus

__________________

Damai Kristus

alkitabiah's picture

Dokter bukan dukun PONARI dan BUKAN KARISMATIK

Salam sejahtera,

Dokter bukan dukun Ponari yang menyembuhkan pakai air yang diobok-obok dulu dengan tangannya,

Dokter juga bukan seperti gerakan Karismatik yang menganjurkan untuk tidak perlu ke dokter tetapi cukup pakai minyak goreng supaya "lepas dari kutuk pisau operasi"

GBUalkitabiah.wordpress.com

Mikhael Romario's picture

@alkitabiah

Ducil Ponari bukan dokter yang cara menyembuhkan pasien dengan stetoskop ataupun jarum suntik juga obat-obatan.

Saudara alkitabiah, anda masih belum jawab pertanyaan saya, sehingga saya mengulanginya lagi, apakah dokter itu alkitabiah? kalau iya, bisa anda tunjukkan di mana ayat-ayatnya?

 

Damai Kristus

__________________

Damai Kristus

alkitabiah's picture

Dokter itu alkitabiah

salam sejahtera,

Profesi dokter itu alkitabiah Kolose 4:14

GBU

Mikhael Romario's picture

@alkitabiah

maksud anda  tabib itu sama dengan dokter? bener nih?

 

Damai Kristus

__________________

Damai Kristus

alkitabiah's picture

BENAR

salam sejahtera,

LAI menterkjemahkan tabib, padahal dalam bahasa Yunani iatros dalam bahasa Inggris physician. Makanya di amerika sama inggris tidak ada jurusan kedokteran atau ketabiban yang ada jurusan physician.

GBUalkitabiah.wordpress.com

Mikhael Romario's picture

tabib & dokter

ta·bib n = orang yg pekerjaannya mengobati orang sakit secara tradisional

dok·ter n lulusan pendidikan kedokteran yg ahli dl hal penyakit dan pengobatannya

 

alkitabiah disuntik oleh dokter, bukan tabib

kalo mau diobati secara tradisional, maka harus pergi ke tabib, bukan ke dokter

 

tabib ≠ dokter

 

Damai Kristus

__________________

Damai Kristus

alkitabiah's picture

LAI

Salam sejahtera,

kata Phisician diterjemahkan oleh LAI menjadi "Tabib," jadi masalahnya di terjemahannya.

GBU

agamaitucandu's picture

@alkitabiah: dulu dia dokter

Dokter juga bukan seperti gerakan Karismatik yang menganjurkan untuk tidak perlu ke dokter tetapi cukup pakai minyak goreng supaya "lepas dari kutuk pisau operasi" 

Orang yang Anda maksud itu dulunya dokter kan?

__________________

.

alkitabiah's picture

Bukan Dokter tetapi Manta DUKUN

salam sejahtera,

Yang saya maksud bukan mantan dokter tetapi MANTAN DUKUN

GBUalkitabiah.wordpress.com

crom's picture

penginjilan...

saudara alkitabiah...

mungkin ayat markus 16:17-20 dengan matius 28:16-20.

saya kira ini adalah berbicara mengenai penginjilan.

nah dalam penginjilan Tuhan menyertai (termasuk KUASA TUHAN) murid2Nya sampai akhir zaman...

nah berarti KUASA itu ada dan berlaku atas muridNya untuk penginjilan mulai dari awal sampai akhir.

memang klaim punya kuasa ini dan itu perlu diuji lagi. akan tetapi apabila Tuhan yang memberikan bagaimana jadinya kalau benar?

apakah dengan mengatakan yang benar sama dengan  klaim?..belum tentu bukan..?

tapi menurut saya....kalimat saudara alkitabah mengenai dukun ponari dengan genakan kharismatik ada kesamaan agaknya kurang mengena.

soalnya saudara alkitabiah seolah2 menyebut golongan...padahal tidak semua orang dalam golongan itu kan..?

salam...

__________________

Salam...

alkitabiah's picture

Gaya Penginjilan Gerakan Karismatik

Salam sejahtera,

Ayat tersebut dipakai oleh gerakan Karismatik untuk menguatkan "kelakuan" mereka. Dan gaya penginjilan mereka adalah sepeerti itu. "Lumpuh berjalan, buta melihat, sakit disembuhkan, dll

GBUalkitabiah.wordpress.com

erick's picture

dapet e-mail dari teman ku ttg bahasan yg sama begini isinya

"dukun ponari sekarang dah memproduksi air bertuahnya secara massal, dan sudah tersedia di supermarket. Air gotnya aja direbutin orang. Makanya, dia buat air bertuahnya dalam kemasan kaleng dengan merek Ponari Sweat, pesaingnya Poc*ri Sweat...he-he-he."

 

maaf ya... teman saya itu bercandanya serius

__________________

Lord, when I have a hammer like YOU, every problem becomes a nail. =)

Purnawan Kristanto's picture

Ponari Sweat

Gambarnya seperti ini ya?

 

PS-2


PS-1

__________________

------------

Communicating good news in good ways

Luky_Gitaris's picture

@kesimpulannya

1.Tuhan tidak sanggup memberikan karunia mujizat kepada umat-umatnya yang percaya ... wah kasian yah Tuhan? Iblis saja bisa memberikan "kelebihannya" pada anak buahnya..

2.Markus 16:17-20 harus dicopot dari alkitab!! khan sudah tidak berlaku lagi, sudah tidak mungkin ada yang melakukan itu lagi.. khan alkitab sudah full, jadi bertambahlah daftar pasal yang harus dicopot setelah tentang karunia bahasa roh..

Saya tidak menyetujui semua yang mengaku bisa melakukan mujizat, semuanya harus di uji!! namun saya percaya Tuhan sanggup memberikan itu pada yang percaya dan rendah hati untuk kemuliaannya (that is grace)

bolehkan berkomentar?

alkitabiah's picture

Kesimpulan yang alkitabiah

Salam sejahtera,

1. Tuhan bukan tidak sanggup memberi kuasa tetapi Tuhan tidak mau, Tuhan saat ini mengadakan mujizat secara langsung saja, sebab kalau memberi kuasa kepada seseorang sudah tidak mungkinn dilakukan karena FIRMANNYA SUDAH TEGUH.

2. Jangan dicopot tetapi ditafsirkan dengan benar saja sudah cukup, Setelah Wahyu 22:21 selesai ditulis ALKITAB sudah teguh maka ditaati saja, jangan malah dicopot-copot.

Saya percaya mujizat tetapi saya tidak percaya kalau Tuhan masih memberikan KUASA KEPADA SESEORANG

bolehkan saya menjawab?

GBUalkitabiah.wordpress.com

pasikomsi's picture

Tinjauan,""Alkitab"" tentang Mujizat,DCP beda dengan Karismatik

>>Sudah  sejak 4 hari yang lalu Saya persiapkan Artikel yang membahas tentang Fenomna "DUKUN CILIK PONARI '  yang sangat ramai diberitakan akhir-akhir ini,baik oleh media Cetak maupun Elektronik.Tapi niat saya itu,saya urungkan dengan pertimbangan, pembahasan ini,kalau dibedah semakin dalam akan dapat mengungkit ungkit dan menyinggung perasaan saudara kita yang memiliki iman yang berbeda.dan itu telah melanggar etika penulisan blog.di SS yang kita cintai bersama ini.

Sebelum kita membicarakan lebih jauh lagi soal D C P ini ,adalah lebih baik kita belajar Prinsip-Prinsip Kebenara Firman Tuhan,dengan mengetahui apa itu MUJIZAT dari sudut pandang Alkitab,  karena tidak semua peristiwa-peristiwa supranatural adalah Mujizat//. karena Istilah Mujizat belakangan ini cenderung digunakan secara sembarangan,misalnya :  Hampir saja tidak dapat meloloskan diri dari sesuatu. atau menemukan Jalan Keluar dari permasalahan/atau Tepat mengenai sasaran seperti Hole in one dalam olah raga Golf,atau melihat  terkagum-kagum akan keindahan Alam dan banyak hal lain nya.

Sebenarnya Mujizat dapat diunakan dalam 3(tiga) keadaan:

1. Untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa biasa tetapi memberikan kesan yang mendalam  Misalnya ,kita menyebut Kelahiran seorang bayi ke  dunia sebagai suatu Mujuzat..Dengan mengatakan ini, kita mengagumi keindahan dan ke luar biasaan karya ciptaan Allah.Kita mengagumi keagungan dan keIndahan dunia sebagai Karya Allah yang disebabkan oleh Hukum-hukum Alam yang juga merupakan Ciptan-Nya sendiri.Istilah Mujizat dalam kasus seperti inimenunjuk pada hal-hal yang biasa,yang disebabkan oleh penyebab yang Luarbiasa  Yakni KUASA ALLAH.

2. Kita menggunakan istilah Mujizat di dalam pengertian yang hampir sama dengan yang pertama.Sering sekali didalam Alkitab kita membaca Karya Allah melalui sesuatu yang dipakai-Nya sebagai alat pada waktu atau Tempat yang tepat..Misalnya.Bintang besar Betlehem,bintang itu sendiri mungkin diakibatkan oleh penyebab Alamiah yang dapat dijelaskan secara alamiah. Mungkin bintang itu terdiri dari kumpulan atau gugusan atau ada sesuatu yang membuat Bintang itu memancarkan cahaya Terang yang luar biasa.Meskipun kita tidak dapat memahami kemungkinan-kemungkinanitu,namun  kita tetap dapat percaya melihat keberadaan bintang itu sebagai suatu Mujizat  ,apabila dilihat dari ketepatan Waktu dan Tempatnya, .Bintang itu bersinarsangat terang pada waktu kelahiran Tuhan Jesus dan menjadi penunjuk jalan  bagi orang Majus.

Mujizat seperti ini Memuliakan Allah.Oleh karena Dia bekerja di dalam sejarah sedemikian rupa sehingga peristiwa itu terjadi secara liar biasa.

3. Mujizat yang menunjuk pada tindakan Allah,melawan Hukum Alam.Ini merupakan penggunaan istilah yang lebih bersifat tehnis.seperti Tuhan Jesus mengubah Air menjadi Air anggur (anggur)(Yoh 2:11).atau membangkitkan Lazarus yang sudah mati selama 4 hari,kedua hal ini merupakan contoh bagaimana Allah bekerja Melawan Hukum Alam yang nota bene adalh Ciptaan-Nya sendiri.Tidak ada penjelasan  secara Alamiah mengenai kedua  peristiwa tersebut Yang pati Keduanya menginformasikan  bahwa Kristus adalah Anak Allah,

Alkitab menggunakan beberapa kata untuk menjelaskan konsep itu dengan satu kata MUJIZAT .Alkitab berbicara mengenai tanda-tanda ,keajaiban-keajaiban dan kuasa-kuasa .Mujizat-muz-jizat  disebut tanda-tanda oleh karena mereka menunjukpada sesuatu yang melebihi dirinya,yaitu sesuatu yang lebih penting.

Allah menggunakan Mujizat untuk membuktikan atau menyaksikan  utusan-Nya pada waktu Ia menyatakan diri ( Ibrani 2 : 3-4).

Pada hari ini ada tiga macam pandangan yang berbeda-beda tentang mujizat:

1. Pandangan yang skeptis yang menyangkal mujizat dapat terjadi                  2. Pandangan yang mengatakan bahwa mujizat terjadi hanya pada Alkitab namun terjadi sampai saat ini.Pandangan ini berpegang pada kepercayaan bahwa Allah tetap bekerja di dunia ini dengan cara yang supranatural dan Ajaib.unutk menunjukkan kuasa dan kasihnya bagi Manusia ciptaan Nya. 3.Pandangan yang percaya bahwa Mujizat hanya terjadi didalam A;lkitab,tetapi Allah telah berhenti melakukanNYA. Mujizat pada saat pewahyuan telah selesai dalam Firman Tuhan. 

  Mencermati Blog yang ditulis oleh Alkitabiah,yang mengatakan bahwa  penyembuhan yang dilakukan DukunCilik Ponari dan  penyembuhan yang dilakukan oleh Karismatik adalah Sama, karena keduanya dikatakan Alkitabiah mengharapkan penyembuhan secara Mujizat melalui oknum,manusia, karena  menurut alkitabiah Kalau Tuhan ingin menyembuhkan seseorang adalah secara langsung,tidak perlu melalui Oknum (siapa saja ) yang namanya Manusia.  Terlalu sembrono anda berpendapat seperti itu,sudah jelas ,Ponari menyembuhkan melalui harapan dari Batu,yang tak jelas juntrungannya itu,kok disamakan dengan saudar-saudara dari Karismatik,mereka memohon pada Tuhan,dan ini Tuhan yang suruh ,Mintalah...berdoalah ..maka apabila di doakan dengan sungguh-sunguh maka akan sangat besar kuasanya.itu Iman..kalau tidak ada Mujizat maka sia-sialah iman kita kepada Kristus ,Bukankah Mujizat yang paling besar yang diterima oleh Manusia adalah Karunia Keselamatan di dalam Jesus Kristus.dan kalau pada saat itu tdk langsung sembuh,karismatik masih percaya untuk penyembuhan secara dunia kedokteran ,apabila nanti sembuh,itu adalah Kesembuhan darii Tuhan juga.Tuhan dapat memberikan Kesembuhan Melalui siapa saja dan dengan cara apa saja ,itu hak Prerogative Tuhan, Kalau Umat katholik percaya akan Air Suci dari LOURDES,ini diyakini adalah air yang dapat menyembuhkan,jadi ini juga mau disamakan dengan Batunya Ponari,ya tidak,disana Air tersebut diDoakan diambil setelah ada perayaan Ekaristi MahaKudus,menghadirkan Kuasa Bapa,AnakdanRoh kudusini Keyakinanan mereka,biarlah demikian.

Biarlah Ponari terus menyembuhkan..dengan batunya,sungguh demikianlah Potret,kesehatan Masyarakat Indonesia yang miskin dan bodoh,yang tak terjangkau bantuan kesehatan yang memadai dari Pemerintah...

Kita orang percaya terus mempertebal IMAN PERCAYA kita,.dan saling tolong menolong sesama anak-anak Tuhan...

Glory,,glory 2 the Lord now  and 4 ever..                                                                                                                              .

alkitabiah's picture

PONARI dan GERAKAN KATOLIK DAN KARISMATIK

Salam sejahtera

Dukun PONARI, KATOLIK KARISMATIK, GERAKAN KARISMATIK semua sama-sama mengklaim dan mengatas namakan doa kepada yang maha kudus.

Permasalahannya bukan pada doanya, tetapi pada kuasa seseorang. Kalau saya berdoa untuk adaik saya yang sedang sakit dan ternyata sembuh, bukan berarti saya boleh mengklaim dapat menyembuhkan, sehingga saya bisa mengadakan "KKR PENYEMBUHAN ILLAHI" dan sejenisnya.

Tuhan sudah tidak mendatangkan kuasa mujizat lagi kepada seseorang.

GBUalkitabiah.worldpress.com

hiskia22's picture

@alkitabiah

Kharismatik...silahkan klik di sini.....

Saingan kharismatik....ponari...silahkan klik di sini

Saingan ponari...silahkan klik di sini

he...he...he...intermezzo saja....biar ga stress...

GBU

__________________

GBU

hai hai's picture

HENSO, Saya Kembali Memaki Alkitabiah

Alkitabiah Menulis: Kalau kita tengok kembali Ayat di atas terutama pada ayat 20, berbunyi ton (itu) logon (firman) bebaiountos (sedang meneguhkan) dia (melalui) ton (itu) epakolouthounton (sedang mengikuti) semeion (tanda-tanda). Yang bila diartikan secara literal berbunyi demikian …Sedang meneguhkan firman itu melalui tanda-tanda yang sedang menyertai (firman itu). Menarik disimak bahwa ternyata kata bebaiountos dan epakolouthounton memiliki bentuk present active participle yang artinya merujuk pada tindakan aktif kontemporer atau tindakan aktif sezaman/ sewaktu/ setempo.

Zaman apa yang dimaksud? Tentu Zaman di mana firman Tuhan atau Alkitab belum TEGUH atau belum selesai ditulis. Setelah Alkitab selesai ditulis dan firman Tuhan SUDAH TEGUH maka KUASA-KUASA yang disebutkan di atas sudah dapat dipastikan BUKAN BERASAL DARI TUHAN.

Saudara Alkitabiah, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, anda kembali berlaku KURANG PINTER. Anda mengingatkan saya pada pepatah, "Ketika menyangka diri pintar, jangan menganggap orang lain bodoh atau anda akan dipermalukan."

present active participle

Present Active Participle = Aksi yang sedang berlangsung = Aksi Yang Berulang-ulang.

Siapa yang MEMUTUSKAN bahwa kalimat yang anda kutip menunjukkan aksi yang sedang berlangsung? Bila bukan Alkitabiah pasti GBL Firman Legowo. Siapa yang memberi KEKUASAAN kepada keduanya? Tentu saja ALKITABIAH.

Bagaimana bila ada orang yang menafsirkan bahwa itu adalah AKSI yang berulang-ulang? Tentu saja orang itu tidak Alkitabiah. Kenapa demikian? Karena Alkitabiah dan GBL Firman Legowo sudah mengklaim jurus mereka Alkitabiah.

Zaman  Alkitab belum TEGUH atau belum selesai ditulis

Alkitabiah, APABILA anda tidak membual dan ajaran anda benar, maka inilah KONSEKUENSI ajaran anda:

Menurut para ilmuwan, kitab Wahyu ditulis sekitar tahun 90 adalah kitab yang terakhir di tulis. Walaupun sudah selesai ditulis namun Alkitab belum TEGUH karena proses kanonisasinya belum selesai. Pada tahun 367 Athanasius sudah menuliskan daftar semua kitab Perjanjian Baru, namun baru pada Konsili Kartago tahun 397 dan 419 lah yang memutuskan tentang kanonisasi Alkitab. Alkitab benar-benar TEGUH seperti yang saat ini kita miliki baru terjadi:

  1. Roma Katolik pada tahun 1672 - Konsili Trent
  2. Gereja Anglican 1563 - The Thirty-Nine Articles of Religion
  3. Gereja Calvinis 1647 - Westminster Confession of Faith
  4. Gereja Orthodok Gerika 1672 - Synod of Jerusalem

Saudara Alkitabiah, dengan data-data tersebut di atas tahun berapa yang anda anggap sebagai ZAMAN Alkitab belum TEGUH? Kalimatnya diucapkan oleh Yesus Kristus sekitar tahun 30, dicatat oleh Markus sekitar tahun 70, diteguhkan oleh Athanasius tahun 367 oleh gereja tahun 419 oleh seluruh gereja tahun 1672.

Saudara Alkitabiah, dapatkah anda memberi tahu saya, sejak tahun berapa KUASA-KUASA dalam Markus 16:17-20 dapat dipastikan BUKAN BERASAL DARI TUHAN? Bila bukan dari Tuhan lalu dari mana?

Alkitabiah, Anda Pikir Anda Siapa?


Saudara Alkitabiah, walaupun bukan ahli bahasa Gerika atau Yunani, namun semua orang yang pernah mempelajari bahasa Inggris tahu pasti bahwa dengan memahami Markus 16:17-20 sebagai Present Active Participle yang berarti Aksi yang sedang berlangsung ketika kalimatnya sedang diucapkan, itu berarti semua KUASA itu SEDANG terjadi ketika Yesus Kristus mengucapkan kalimat tersebut.

Saudara Alkitabiah, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, Anda pikir anda siapa? Dari mana atau siapa yang memberi anda KUASA untuk MENAFSIR tata bahasa Yunani seenak jidat anda? Anda pikir para pembaca tulisan anda GOBLOK sehingga tidak tahu apa itu Present Active Participle sehingga anda BERANI sembarangan MEMBUAL?

Henso Saya Kembali Memaki Alkitabiah


Saudara henso, saya kembali memaki saudara Alkitabiah. Silahkan baca tulisan saya tersebut di atas dan tolong beritahu saya, apakah Alkitabiah LAYAK dimaki? Atau saya sembarangan memaki sekedar untuk menunjukkan dominasi? Apakah saya sembarangan memaki untuk memancing orang lain ramai-ramai membaca?

Saudara Henso, apabila saya MEMUJI-MUJI orang yang menyesatkan dan menganggap orang Kristen BODOH, lalu bagaimana saya harus berkata kepada orang Kristen yang baik? Saya menegur orang yang menyesatkan dengan TEGAS dan memuji orang Kristen yang baik. Itulah Jalan Suci Alkitab.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

alkitabiah's picture

Grammar Yunani

salam sejahtera,

Yang anda maksudkan "aksi yang berulang-ulang itu adalah Present perfect continous tense bukan present active PARTICIPLE.

KUASA-KUASA pada MARKUS 16:17-20 secara alkitabiah dihentikan TUHAN setelah FIRMAN ITUY TEGUH, yaotu wahyu22:21 selesai ditulis

Coba tolong tanya dengan yang mengerti Grammar Yunani tentang arti PARTICIPLE dalam lingkup grammar YUNANI

Tentang "makian anda" saya hanya mengatakan GOD BLESS YOU.

GBUalkitabiah.wordpress.com

 

hai hai's picture

Alkitabiah, Anda Dapat Wahyu Baru?

Alkitabiah, mohon maaf, izinkan saya bertanya, Ayat mana yang MENYATAKAN bahwa KUASA di dalam Markus 16:17-20 diberikan karena Alkitab belum sempurna?

Ayat mana yang mengajarkan bahwa KUASA di dalam Markus 16:17-20 berakhir setelah Wahyu 22:21 ditulis?

Kepada orgindo anda menyatakan bahwa anda MENJAMIN bahwa hal itu benar dan Alkitabiah. Sejak kapan JAMINAN anda ALKITABIAH?

Di klewer ada beberapa orang yang mampu menjelaskan dengan gamblang tentang bahasa Yunani, Misalnya Anak Pertisa dan Mas Daniel. Namun saya tidak tahu apakah mereka mau sumbang saran? Karena prilaku anda yang mengagul-agulkan diri Alkitabiah namun tidak Alkitabiah sama sekali.

Baiklah saya setuju dengan anda bahwa aksi yang berulang ulang itu Present perfect continous. Itu berarti present active PARTICIPLE adalah aksi yang berlangsung saat dikatakan. Itu berarti Setelah tidak mengatakannya, maka KUASA-KUASA Markus 16:17-20 berakhir. Kenapa anda mengajarkan bahwa hal itu berlangsung hingga Wahyu 22:21 ditulis? Anda dapat wahyu baru seperti yang diakui para pengkotbah alam roh? Ha ha ha ha ...

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

alkitabiah's picture

Teguh = Sempurna

salam sejahtera

Ayat yang menunjukkan bahwa Kuasa dihentikan samapai Wahyu 22:21 adalah Markus 16:17-20 , kata "TEGUH," dan I Korintus 13:8-10 kata "SEMPURNA"

Saya senang apabila Anak Pertisa dan Mas Daniel mau nimbrung, supaya anda tidak lagi tertawa karena ketidak tahuan anda.

GBUalkitabiah.wordpress.com

hai hai's picture

henso sang penakluk Sentinel

Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, Markus 16:17

mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh." Markus 16:18


Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Markus 16:19


Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya. Markus 16:20

Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, alkitabiah, Mana kata TEGUH yang anda sebutkan? Bila anda mendapat wahyu baru, bukankah yang harus anda lakukan adalah mengedit Alkitab atau menambahkan kitab baru, sebelum anda mengajar?

Saudara henso, biasanya saya menyebut orang yang menyatakan hal yang tidak dicatat Alkitab sebagai PEMBUAL. Karena menurut anda cara demikian bukan cara kristiani, izinkan saya bertanya, dengan apa saya menyebut orang-orang demikian?

Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap. 1 Korintus 13:8

Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna. 1 Korintus 13:9

Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap. 1 Korintus 13:10

 
Sekali lagi, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, alkitabiah, memang ayat-ayat tersebut menyatakan bahwa nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap. Ketiganya akan berakhir ketika yang SEMPURNA tiba. Namun, kalimat mana yang menyatakan bahwa YANG SEMPURNA itu TIBA ketika Wahyu 22:21 ditulis? Sekali lagi Alkitabiah, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, Bukankah yang akan berakhir itu nubuat dan bahasa roh? Bagaimana dengan mengusir setan, berbicara dalam bahasa baru, memegang ular, kebal racun dan menyembuhkan orang sakit dengan tumpang tangan? Apakah Ponari bernubuat atau berbahasa roh?

Saudara henso, si tua bodoh ini mohon petunjuk karena anda paham sekali apa itu eisegese dan eksegese. Menurut anda apakah yang dilakukan Alkitabiah ini eisegese atau eksegese atau uthak athik nggak gathuk? Sekali lagi, henso yang mulia, izinkan si tua bodoh ini bertanya, "Apa sebutan orang yang mengajarkan apa yang tidak diajarkan oleh Alkitab?" Saya tidak berani memberi pendapat tentang ayat ini, maukah henso yang bijaksana memberi pendapat tentang ayat ini?

Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah lain, nabi itu harus mati. Ulangan 18:20

Bolehkah kita memaki alkitabiah agar bertobat atau MEMBUNUHNYA sesuai ayat tersebut di atas? Atau kita harus bertanya kepada NARATOR?

henso sang penakluk Sentinel, kasihanilah si tua bodoh ini, tolong tunjukkan cara yang benar, bagaimana menghadapi orang-orang yang mengajarkan hal yang tidak diajarkan Alkitab namun menyatakan ajarannya alkitabiah?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

alkitabiah's picture

Telah habis kata

shalom.allaikhem

Sepertinya saudara hai-hai sudah kehabisan argumentasi, habis akal dan tidak alkitabiah.

GBUalkitabiah.wordpress.com

Karena di dunia yang terkecil adalah yang alkitabiah

hai hai's picture

Alkitabiah, Kenapa Tidak Bertobat Saja?

Alkitabiah, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, menuduh saya tidak Alkitabiah tidak membuat anda Alkitabiah.

Menuduh saya kehabisan argumentasi tidak menjawab pertanyaan saya sama sekali, apalagi membenarkan diri anda.

Menuduh saya kehabisan akal sama sekali tidak membuktikan anda pintar.

Apabila anda memang kehabisan akal dan argumentasi untuk membela pendapat anda yang memang benar-benar SALAH, sebaiknya akui saja bahwa anda SALAH dan pujilah saya karena mampu menunjukkan bahwa pendapat anda ternyata tidak Alkitabiah sama sekali walaupun anda getol sekali mengaku diri alkitabiah.

Mengklaim diri alkitabiah bukan jaminan anda alkitabiah.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

alkitabiah's picture

saya bukan nabi

salam sejahtera,

Kalau boleh berkata jujur, ayat yang anda sebutkan itu jelas sekali bukan untuk saya, KARENA SAYA BUKAN NABI.

Agaknya anda telah kehabisan ayat untuk menyalahkan saya, meojokkan saya, memaki saya, me"sesat"kan saya, dll.

GBU

Karena di dunia yang terkecil adalah yang alkitabiah

hai hai's picture

Siapa Bilang Dunia Itu Adil?

Saya hanya mengingatkan bila Allah tidak menyayangi nabi-Nya yang menyesatkan, apalagi anda?

Agaknya anda telah kehabisan ayat untuk menyalahkan saya, meojokkan saya, memaki saya, me"sesat"kan saya, dll.

Memang, saya sudah kehabisan ayat dan kehabisan akal untuk menyalahkan anda dan memojokkan anda serta memaki anda sesat. Dengan demikian maka anda BEBAS menjalani hidup dalam kesesatan.

Ketika menelanjangi kesesatan sebuah tulisan, tujuan utama saya adalah memberitahu kepada semua pembaca tentang kesesatan tulisan itu. Apabila penulis sesatnya ikut bertobat, saya bersyukur, namun bila dia kekeh jumekeh hidup dalam kesesatannya, maka saya sudah melakukan tugas saya.

Saya menuduh anda sesat dengan memberikan FAKTA-FAKTA yang TIDAK sanggup anda bantah. Sementara anda menuduh saya sesat karena saya menunjukkan kesesatan anda. Ha ha ha ha ha ...  

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

alkitabiah's picture

Berkata-kata untuk diri sendiri

Syalom'allaikhem,

sepertinya tradisi TEMPO DULU anda terulang kembali, berkata-kata untuk diri sendiri

GBUalkitabiah.wordpress.com

Karena di dunia yang terkecil adalah yang alkitabiah

henso's picture

@ hai hai : gaya anda itu loh....

Saudara Alkitabiah, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, Anda pikir anda siapa? Dari mana atau siapa yang memberi anda KUASA untuk MENAFSIR tata bahasa Yunani seenak jidat anda? Anda pikir para pembaca tulisan anda GOBLOK sehingga tidak tahu apa itu Present Active Participle sehingga anda BERANI sembarangan MEMBUAL?

Apakah ente kira kalimat ente itu hanya berlaku bagi Alkitabiah? Mengapa tidak ditujukan kepada diri sendiri?

Siapa yang memberi kuasa kepada ente untuk memaki maki Alkitabiah seenak pantat mu? Ente pikir semua pembaca SS pendukung lo?

Saudara Henso, apabila saya MEMUJI-MUJI orang yang menyesatkan dan menganggap orang Kristen BODOH, lalu bagaimana saya harus berkata kepada orang Kristen yang baik? Saya menegur orang yang menyesatkan dengan TEGAS dan memuji orang Kristen yang baik. Itulah Jalan Suci Alkitab.

Ane tidak nyuruh ente memuji orang sesat dan menyesatkan. Ente bisa menggunakan argumen untuk mementahkan argumen Alkkitabiah. Siapa yang memebri hak kepada ente maki-maki orang? Emang kalo dipuji ente jadi hebat?

Ane juga sedang menjalani jalan Alkitab : bicara dengan orang bebal menurut kebebalannya.

Silahkan saja maki-maki terus. Memang itu hobi ente kok. Soal bener salah cuma alasan saja.

Mengapa tidak gabung sama FPI aja? Basmi semua yang ente anggap sesat. mengapa cuma dimaki-maki?

crom's picture

om...

waduh...om kapan beresnya nih masalah..

:)

__________________

Salam...

alkitabiah's picture

MANA ARGUMENTASINYA?

Salam sejahtera

Yah, lebih baik kita berargumentasi saja

GBU

pasikomsi's picture

Ampun deh Pembelaan terjadi dgn Gencarnya, majuTrus Henso, Hai h

Aduh...rekan...sesama Pasar Klewer,terutama pendekar Tua Bengcu,Hai hai,,kemudian si Henso seperti kerasnya Petrus murid Tuhan..tulisan-tulisan anda banyak yang saya kagumi,tapi kali ini Mahluk apa...ini?... yang membuat keluar jurus jurus Ilmi tenaga dalam yang tak pernah dikeluarkan,,berhamburan begitu saja sampai ke anggota tubuh terlarang keluar mr Hens,, Beng cu juga seperti macan lapar menunggu mangsa.langsung sergap..luar biasa,,

Tetapi ingat kembali  pesan Rasul Paulus,Apabila mereka didapati bersalah perkatakanlah injil dengan lemah lembut dan rasa kasih agar mereka sadar bahwa Injil adalah Kuasa Allah untuk menyelamatkan Manusia berdosa...,

Glory...glory 2 the Lord

    now and 4 ever

alkitabiah's picture

Setuju

salam sejahtera

Makanya untuk menyatakan kebenaran lebih baik dengan cara alkitabiah, dimulai dengan salam dan diakhiri dengan salam

hai hai's picture

Henso, Hayo Ngaku ...

hai hai menulis: Saudara Alkitabiah, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, Anda pikir anda siapa? Dari mana atau siapa yang memberi anda KUASA untuk MENAFSIR tata bahasa Yunani seenak jidat anda? Anda pikir para pembaca tulisan anda GOBLOK sehingga tidak tahu apa itu Present Active Participle sehingga anda BERANI sembarangan MEMBUAL?

Henso Menulis: Apakah ente kira kalimat ente itu hanya berlaku bagi Alkitabiah? Mengapa tidak ditujukan kepada diri sendiri?

Henso Menulis:
Siapa yang memberi kuasa kepada ente untuk memaki maki Alkitabiah seenak pantat mu? Ente pikir semua pembaca SS pendukung lo?

Henso, tentu saja kalimat tersebut hanya untuk Alkitabiah, sebab dialah yang membual dan menganggap semua orang Kristen GOBLOK. Anda pikir saya GOBLOK, memaki-maki diri sendiri yang nggak salah? Apabila saya melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh alkitabiah barulah kalimat itu juga cocok bagi saya.

Henso, ternyata anda sama sekali nggak pinter. Apabila saya memaki Alkitabiah tanpa alasan itu baru namanya memaki seenak pantat. Karena saya memaki dia setelah menunjukkan kesalahannya, maka dia harusnya berterima kasih. anda tahu apa yang akan Tuhan lakukan kepada para PENYESAT? Digantung lehernya dengan batu lalu dilelepin masih terlalu ringan.

Wah, Henso, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, saya nggak pernah mikir semua pembaca SS pendukung lo. siapa itu lo? Apa itu lo? emang lo nggak bisa jalan sehingga harus didukung? Atau lo ikutan jadi caleg sehingga minta didukung pembaca SS? Mendingan anda tanya langsung dech ke sema pembaca SS apakah mereka mendukung lo?

Henso, kamu ngebohong ya? Katanya mengikuti gaya saya? Belum pernah lho saya memaki orang dengan ungkapan, "Seenak pantatmu!"  Hayoooo .... Ngaku, kamu ngikutin gaya siapa hayo ...?

Ngapain nanya-nanya siapa yang memberi kuasa kepada ente untuk memaki Alkitabiah seenak pantatmu? Dia nggak mau kenalan sama anda! Seenak pantatmu? Emang memaki Alkitabiah seenak pantatmu? Memang udah coba pantatmu sehingga tahu rasanya seenak memaki Alkitabiah? Pantatmu ... Pantatmu ... Ketika henso bilang pantatmu, .... pantat siapa ya? ah pusing, pokoknya PANTATMU!  

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

henso's picture

@ hai hai : soal pantat

Wah soal pantat, itu adalah hasil kreasiku sendiri. Melihat jurus-jurus yang dikeluarkan, aku jadi menciotakan jurus sendiri yang idenya dari sampeyan.

kalo ente boleh maki-maki orang, Mengapa Alkitabiah atau ane gak boleh mengatakan anda anak setan? Gitu loh maksud ane.

Disini kita sedang menguji hasil pemahaman kita terhadap kebenaran. Kalo kemudian beda pendapat, apa hak kita mencaci maki orang lain? Kalo mau adil, ya terima saja caci makiku.

 

crom's picture

waduh....sobat...

waduh sobatku...

sulit beresnya kalo begini2 trus....

kapan kita berikan hak penilaian bagi para pembaca SS?....

sobatku mungkin bisa di sudahi pertikaiannya..ya

salam...

amin...

__________________

Salam...

hai hai's picture

Pasikomsi Tenang Saja

Pasikomsi tenang saja, ini hanya selingan istirahat makan siang. Saya hanya ingin melihat sejauh mana henso bisa mengikuti gaya saya. Ha ha ha ... 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

crom's picture

om...

waduh om...kapan beresnya nih masalah....

:)

peace..

salam...

__________________

Salam...

henso's picture

@ hai hai : emang ini selingan

Emang ini selingan, kalo lagi nganggur baru masuk ke SS.

kalo lagi sibuk ya mendingan kerja buat Tuhan dong.

Sebenarnya aku gak terlalu mengikuti gaya anda, karena aku ini mengalir saja kok. jadi kadang kadang ente kaya dibuntuti, kadang kadang ane hilang lenyap. lalu kembali lagi. Mumpung sekarang lagi kosong, ya main disini aja.

y-control's picture

dasar

Mumpung sekarang lagi kosong, ya main disini aja.

"dasar jomblo!" (jarwo kuwat)

 

Mikhael Romario's picture

@henso

henso:

Mengapa tidak gabung sama FPI aja? Basmi semua yang ente anggap sesat. mengapa cuma dimaki-maki?

maaf...maaf..... agak keluar konteks. Cuman mau kasih tau salah satu ketidakkonsistenan FPI. Kalau henso anggap FPI itu konsisten membasmi semua yang sesat, kenapa night club di Mangga Besar gak terjamah?

 

Damai Kristus

__________________

Damai Kristus

henso's picture

@ MR : emang keluar jalur

Lah memang hai hai itu gayanya begitu. Yang dia anggap salah, harus ditegur dengan keras. Lah dia yang negur dengan keras siapa?

Emang FPI itu itu gak konsisten. lah kalo konsisten banget ya bisa bikin celaka.

Maksudku, kalo yang dianggap salah harus ditegur dengan keras, mau jadi apa dunia ini? Mbok itu para koruptor dan preman jalanan ditegur dengan keras.

Ini blog kristen, tetapi gayanya itu lo, tengil banget. Makanya aku ketularan.

 

Mikhael Romario's picture

@henso

Dalam hal ini saya tidak memihak ke siapa-siapa. Tapi setahu saya Pak Hai hai selalu menentang dengan keras terhadap sesuatu yang dianggapnya tidak benar, tentu saja dengan disertai tanggung jawab. Di samping itu Pak Hai hai juga mempersilakan orang lain untuk melakukan hal yang sama asalkan juga disertai tanggung jawab.

henso, saya sedikit mengikuti komunikasi anda dengan blogger-blogger lain (terutama dengan Pak Hai hai) di sini dan alangkah menyenangkannya kalau bisa 'seromantis' seperti sebelumnya.

 

Damai Kristus

__________________

Damai Kristus

henso's picture

@ MR : Lah ya itu

Ya itu masalahnya.

hai hai itu kaya samurai mendem, semuanya dibacok bacok. Aku ikut diskusi baik baik, eh disruduk juga.

Ya udah gak usah pake aturan lah.

Coba ente komentarin debat ane sama hai hai.

Wong soal cara matinya saul juga belum ketemu.

Soal cara baca Alkitab, juga gak ketemu.

Aku ngomong bahwa mungkin saja roh samuel datang, dia ngomong gak bisa. Ditanya "gak bisa" sama "gak boleh" sama apa nggak, doi gak jawab.

bagaimana mau romantis?

Coba ente ikut komentar dengan diskusi kami. Daripada nyolot terus, ya  mendingan cerai dalam nama Allah.

y-control's picture

jalanan?

koruptor? preman? di jalanan? ei.. internet nih bang..

henso's picture

Ini perumpamaan bang.

Ini cuma perumpamaan bang. Maksudku, mengapa cuma tereak2 di SS. Di dunia nyata saja tereaknya. Ada efeknya gitu loh.

y-control's picture

obama

liat obama tuh... salah satu kunci dia terpilih adalah dia kampanye pake media internet... sekarang cara itu juga ditiru caleg2, meski cara mereka masih cupu, pake internet tapi kayak nyodorin brosur..  di dunia nyata, hai hai juga tidak diem-diem lho, jangan salah

henso's picture

Bretul betul betul ...

Emang media internet itu efektif kok.

Setuju.

Samuel Franklyn's picture

Tahun lalu Hai-hai seminar di Medan

Tahun lalu Hai-hai seminar di SMU Methodist 2 Medan. Itu blog SMU Methodist 2 Medan – Memanggil Hantu Gentayangan Ala M2MC adalah oleh-oleh Hai-hai dari seminarnya. Seminar itu saya anggap teriaknya Hai-hai di dunia nyata.

Nah berhubung kamu sudah bilang "Mengapa cuma tereak2 di SS. Di dunia nyata saja tereaknya. Ada efeknya gitu loh." Saya mau nanya nih. Apa tereak anda di dunia nyata? Ingat lho kalau menuntut orang lain melakukan sesuatu  tapi diri sendiri nggak melakukan maka itu dibilang munafik menurut definisi Yesus.

Lukas 6:42
Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Saudara, biarlah aku mengeluarkan selumbar yang ada di dalam matamu, padahal balok yang di dalam matamu tidak engkau lihat? Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu."

Matius 7:2
Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.
 

alkitabiah's picture

SS juga dunia nyata

salam sejahtera

Jangan lupa, SS juga dunia nyata bukan dunia hantu, karena pedagangnya orang beneran

GBU

nobietea's picture

penonton mode on

seru !

ndak tahu ne kyana ko klo baca tulisan si om gerai dan mengimajinasikan si om ketika berbicara rasanya : seru !

si om gerai alias om hai hai seperti " korek api ", semakin digosok akan semakin membara dan berapi - api menghadapi segalanya...

maju terus om gerai, disini nobie akan menjadi penonton mode on saja  ^^

__________________

maaf.. bie kurang pintar

crom's picture

siapa yang....jadi

waduh siapa yang jadi dukun ponari dan siapa yang golongan kharismatik ini?...

perang menghamburkan peluru...

mungkin pake BSC aja biar hemat....dianalisa dulu kegunaan peluru2 yang dilontarkan.

 

he....:)

 

__________________

Salam...

alkitabiah's picture

Yang jelas bukan yang alkitabiah

Salam sejahtera

Yang jelas bukan yang alkitabiah

GBU

crom's picture

ha3x...

nyambung aja nih si om alkitabiah....:)

...menghibur diri ya.....

salam...

 

__________________

Salam...

pasikomsi's picture

AKU SUDAH TAU KENAPA..! Alkitabiah..membuat Blog Panas...

Sebenarnya Artikel Blog yang dibuat oleh Alkitabiah..hanya usaha untuk dapat menghuni..BLOG YANG PALING RAMAI..karena tidak sembarang artikel Blog yang dapat masuk ke situ..  apalagi disitu penghuni lamanya pendekar-pendekar Ko Hiap ber ilmu..yang paling tinggi pointnya,sementara ..Alkitabiah sudah masuk Blog Paling Populer, disini blog dapat bertahan 3 hari,kalau bertahan ya..1 minggu,

tetapi kalau sudah masuk Blog paling Ramai,nah..berminggu-minggu juga nangkring terus,

Tetapi untuk mencapai Blog Paling Ramai,ndak usahlah kita buat artikel yang tidak relevan,dan sepertinya membuat judul yang dipaksakan,menulislah dengan wajar..kalau ada tulisan atau artikel yang bagus biar ketendang....sampai kemanapun pasti ada saja yang nyari...tul enggak...yang  natural saja...motivasi kita di pasar klewer,kan mencari teman sebanyak mungkin belajar,dari temuan temuan ,observasi dari para sahabat Blogger SS.

Glory..glory

2 the Lord ..now and 4 ever

joli's picture

Hebatnya SS..

he.. he.. baru tahu ya hebat-nya SS yang biasa kita sebut pasar klewer ini?  .. lihatlah jumlah hits-nya luarrr biasaaa.. inilah cara untuk berjualan wordpress-nya.. sekaligus launching wordpress-nya  awal februari lalu..

alkitabiah's picture

Sirik tanda tidak alkitabiah

salam sejahtera

Jangan begitulah, saya hanyalah bloger yang numpang jualan di pasar klewer, baru satu minggu, saya juga bayar retribusi, dagangan saya juga saya pakai sendiri. Jadi saya tahu mutu dagangan saya.

Saya yakin di pasar ini untuk mencari teman tidak harus, monggo mas, injeh mbakyu, sendiko sinuwun,lst (lan sak teruse)

Saya juga tidak memaki-maki orang, kalu ternyata ada yang tersinggung dengan ajaran alkitabiah, saya hanya bisa mengatakan SING TERSINGGUNG NGACUNG!

GBUalkitabiah.wordpress.com

Anak El-Shadday's picture

hihi...

beberapa waktu ini tulisan sodara alkitabiah emang hits banget. hehehe..

tapi hits dengan menyakiti orang lain apa untungnya?? hehehe...

karena hanya ada Dua Hukum Terutama.

but the one who endure to the end, he shall be saved.....

__________________

but the one who endure to the end, he shall be saved.....

alkitabiah's picture

Apa itu MENYAKITI?

salam sejahtera,

Saudaraku, apakah dengan mengutarakan ajaran seseorang dikatakan menyakiti? TIDAK.

saudaraku, apakah ketika seseorang mengutarakan ajaran alkitabiah dikatakan menyakiti? TIDAK

saudaraku apakah ketika seseorang mengutarakan pendapat tanpa sedikitpun memaki-maki, menghina dikatakan menyakiti? TIDAK

saudaraku apakah ketika seseorang menuduh menyakiti tetapi tanpa argumentasi dikatakan menyakiti? IYA

Lalu siapakah yang menyakiti? yang jelas bukan yang alkitabiah

GBU

hai hai's picture

alkitabiah. Itu namanya SESAT

alkitabiah, apabila sudah dimaki dan hina dan ditelanjangi kesalahannya namun tetap kekeh jumekeh ngotot nggak salah itu namanya Bebal. Walaupun teriak teriak Alkitabiah namun bila tulisannya bertentangan dengan ajaran Alkitab, itu namanya SESAT.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

alkitabiah's picture

Apakah SESAT itu?

Salam sejahtera,

Apakah ketika saya dimaki dan dihina berarti saya SESAT? Kalau begitu Tuhan Yesus juga sesat.

Apakah dengan anda mengatakan sesat berarti saay juga sesat? berarti Tuhan Yesus juga sesat.

Menurut saya Sesat adalah apabila seseorang menyimpang dari ajaran alkitabiah.

GBU

hai hai's picture

Henso, Sesat Itu Apa ya?

Alkitabiah, anda dimaki SESAT karena mengajarkan yang tidak diajarkan Alkitab. Anda dihina BEBAL dan BODOH karena kekeh jumekeh menganggap diri benar padahal kesalahannya sudah dibuktikan.

Tuhan Yesus dimaki SESAT karena menegakkan ajaran Perjanjian Lama. Dia dihina karena tidak MAU menyelamatkan diri sendiri walaupun mampu menyelamatkan orang lain.

Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, bila hendak membandingkan diri, bandingkanlah dengan sesama manusia, jangan membandingkan diri dengan Tuhan Yasus.

alkitabiah, anda benar, "Sesat adalah apabila seseorang menyimpang dari ajaran alkitabiah." Mohon maaf lho alkitabiah, izinkan saya bertanya, "Kenapa anda kekeh jumekeh mengajarkan hal yang tidak diajarkan Alkitab? Nggak takut di hukum Allah, ya, misalnya di sambar geledek jempolnya.
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

alkitabiah's picture

Bisa-bisanya anda saja

salam sejahtera,

Tolong tunjukkan kesesatan saya, saya akan mencoba berargumentasi secara alkitabiah karena Alkitab satu-satunya firman Allah,

GBUalkitabiah.wordpress.com

Karena di dunia yang terkecil adalah yang alkitabiah

henso's picture

@ hai hai : anda yang definisikan dong!!!

Lah anda yang nuduh sesat kok tanyanya ke aku.

Coba sampeyan definisikan dulu apa itu sesat.

Definisi saya tentang sesat itu bisa membuat anda juga masuk dalam kategori sesat. Mendingan jangan tanya aku.

Sebab kalo memang sesat, aku gak akan ngajak diskusi, tapi langsung nyatakan bahwa dia sesat.

Nah yang aku lihat, anda berdua masih dalam tahap argumentasi mana yang tafsirannya paling sesuai FT.

Kalo mau sesuai aturan di SS, ya tunjukkan saja kesesatannya. Biarkan penonton yang menilai. Karena Alkitabiah juga berhak mencap anda sesat berdasarkan argumentasinya.

 

hai hai's picture

Henso, Baca dong! Baca, Jangan Ngaca!

Henso, gimana mau diskusi kalau anda membaca tulisan orang lain namun tidak memahaminya?

bukankah saya sudah nyatakan definisi sesat di dalam komentar saya yang anda komentarin? Kok minta saya menulis tentang definisi sesat lagi?

Kalau anda tidak mampu membuat definisi sesat jangan cari alasan. Katakan saja tidak tahu. Toh saya sudah memberitahu anda definisinya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak