Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Pandangan Manusia Modern Tentang Kitab Musa

Veritas's picture

Sebenarnya saya ingin sekali melakukan ujicoba mengenai pendapat orang modern (yang belum dikotori oleh doktrin-doktrin AGAMA) terhadap Kitab Musa. Misalnya kita mengambil beberapa sample manusia modern yang dididik dalam pendidikan matematika, biologi, ethic, Medical dll yang ada didunia modern tanpa pernah mengajarkan doktrin keagamaan. Lalu setelah mereka selesai belajar lalu kita berikan kitab MUSA kepada mereka untuk dianalisis dan diambil kesimpulan.

Lalu kita ajukan 5 Pertanyaan sbb :

1. Uraikan seperti apa YHWH ELOHIM menurut kamu?

2. Uraikan seperti apa proses penciptaan manusia

3. Uraikan seperti apa interaksi YHWH ELOHIM dengan manusia

4. Uraikan apa yang bisa ditarik dari Aturan yang dibuat YHWH Elohim

5. Coba Jelaskan bagaimana cara kamu bisa menilai apakah Makhluk Asing yang

    datang kepadamu adalah YHWH ELOHIM atau yang lain?

Saya akan coba menjadi salah satu sampling dari percobaan saya. Saya sekarang menanggalkan Doktrin Agama saya dan mulai berpikir mengenai makna yang terkandung didalam kitab MUSA sesuai dengan Level berpikir di zaman saya yaitu zaman teknologi informasi.

Penjelasan untuk pertanyaan pertama :

YHWH ELOHIM adalah seperti manusia. Dia bisa berjalan, bisa berbicara, bisa mendengar, bisa menyesal dan segala sesuatu yang ada didiri manusia ada didalam diri YHWH ELOHIM. YHWH ELOHIM bisa berpikir dan bisa terbawa emosi sama seperti manusia (bandingkan dengan kisah Abraham, Yakub yang berinteraksi dengan YHWH ELOHIM, terutama lagi kisah MUSA dan YHWH ELOHIM). Lalu jika YHWH ELOHIM melakukan apa yang dilakukan manusia maka sudah pasti YHWH ELOHIM memiliki 5 Panca Indera seperti yang dimiliki manusia. Ingat Kisah Abraham di Pohon Mamre? Disitu YHWH menjumpai Abraham. 3 Pria (Mirip Manusia) datang menjumpai Abraham dan makan dari makanan yang disediakan ABRAHAM. Jadi jelaslah bahwa YHWH ELOHIM mirip atau boleh dibilang sama dengan manusia.

Penjelasan untuk pertanyaan kedua :

ELOHIM menciptakan manusia segambar dan serupa dengannya! Ketika berbicara mengenai gambar dan rupa, maka kita berbicara mengenai lukisan. Ketika saya minta dilukis oleh seorang pelukis maka saya ingin hasilnya serupa dengan wajah saya dan sama dengan wajah saya. Lalu apabila berhubungan dengan manusia, konsep apa yang bisa dipikirkan apabila kita mendapat keterangan bahwa manusia segambar dan serupa dengan Allah? Manusia modern akan berpikir satu yaitu CLONE ! Ya, apabila manusia ingin menciptakan makhluk yang serupa dengan dia atau duplikatnya, maka teknologi yang dia harus pakai adalah teknologi CLONE. Oleh sebab itu proses penciptaan manusia adalah dengan mengcloning diri ELOHIM sendiri. Ini diperkuat lagi dengan karakteristik ELOHIM yang sama dengan Manusia dan secara fisik bisa makan seperti manusia !

Penjelasan untuk pertanyaan ketiga :

Didalam kitab MUSA tercatat bagaimana interaksi manusia dengan YHWH ELOHIM. Interaksi yang sebenarnya sama dengan interaksi antar sesama manusia. YHWH ELOHIM berbicara bertatap muka dengan manusia. ELOHIM juga bisa bergulat dengan manusia dan bisa dikalahkan. Bergulat dalam hal ini pasti literal, bukan figurative atau mimpi dan halusinasi. Yakub berhadapan muka dengan muka (face to face) dan bergulat dengan DIA. Bagaimana ADAM dibuatkan pakaian dari kulit binatang dan dikenakan kepada ADAM dan HAWA. Masih banyak contoh interaksi ELOHIM dengan manusia layaknya interaksi antar manusia. Jadi untuk ini jawaban 1, 2 dan ketiga masih saling mendukung.

Penjelasan untuk pertanyaan keempat :

Aturan-aturan yang dibuat YHWH ELOHIM kepada manusia sifatnya mendidik dan baik. Contoh yang paling mudah adalah 10 Hukum Taurat. Manusia modern pasti tahu bahwa Membunuh itu tidak baik. Menciptakan patung patung lalu sujud menyembah juga tindakan bodoh. Sabath juga baik. Belum lagi aturan-aturan membasuh diri dari najis/kotoran/bangkai. Semuanya diatur karena YHWH ELOHIM tahu bahwa manusia itu bisa terkena penyakit. Jadi Dia mengatur segala macam cara untuk hidup higienis dan juga mengatur interaksi sosial. Jika dibaca di kitab Imamat dan Bilangan, maka dengan jelas diketahui bagaimana sistem sanitasi yang diajarkan YHWH ELOHIM. Tapi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan maka manusia semakin sadar akan kesehatan maka tanpa diajarkan oleh YHWH ELOHIM pun kita sudah bisa mengatur sanitasi.

Penjelasan untuk pertanyaan kelima :

Jika ada makhluk yang datang kepada kita entah itu dari dunia lain atau dunia manapun, selama dia tidak mirip/sama dengan manusia maka dia pasti bukan ELOHIM. Referensi kita hanyalah mirip/sama dengan manusia. Jika dia datang dan bisa melakukan hal-hal yang bagi kita sebuah keajaiban untuk level pengetahuan di zaman ini dan wajahnya mirip/sama dengan manusia maka ada kemungkinan dia ELOHIM atau utusan ELOHIM ! Itulah sebabnya Imanuel (YESUS) yang datang ke dunia ini mirip/sama dengan manusia, karena kemungkinan YESUS ini manusia yang berasal dari benih ELOHIM.

Oke, demikian sekilas mengenai pandangan manusia modern mengenai kitab MUSA. Jika nanti manusia akan berkembang menjadi manusia super modern maka saya yakin mereka akan melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan ELOHIM yaitu membuat koloni baru di planet lain dan menciptakan makhluk hidup berdasarkan Cloning dan Mutasi (Rekayasa Genetika) ! Mungkin anda tidak percaya kalau dari sehelai  Rambut bisa dibangun seorang manusia yang sama persis dengan sipemilik rambut tersebut? Saya tidak mengajarkan aliran science tapi berpikir ala manusia modern high tech. Jika memang Semesta yang tak hingga ini ada penciptanya, maka saya yakin penciptanya bukan ELOHIM, tapi ELOHIM dari ELOHIM dari ELOHIM dari ELOHIM ... dst... hingga tak berhingga !

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

jesusfreaks's picture

Harapan manusia pupus menjadi elohim dari elohim

jawaban-jawaban itu terlintas kok dalam pemikiran teolog, semisal Stephen Tong, hanya saja di perpanjang sedikit atau ditambahin sedikit.

Misalnya Elohim yang berwujud fisik manusia, istilahnya antropomorfe dan inkarnasi.

Manusia yang semakin maju, atau semakin menjadi Allah, yups make sense, alkitab mengatakannya. dari serupa menjadi sama seperti Allah. mau sempurna sama persis seperti Allah ya cari Pohon Kehidupan.

Sayangnya tuh Pohon gak ada di Bumi ini. jadi PUPUS sudah manusia menjadi Elohim dari Elohim

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Veritas's picture

@JF.. Harapan Pupus ?

Bagaimana kalau besok diumumkan bahwa manusia bisa menyimpan memorinya dan mentransfer memorinya? Bukankah manusia bisa hidup tanpa batas?

Teorinya : Tubuh yang sudah tua diclone, terus memorinya ditransfer ke hasil clone. Hasilnya adalah manusia yang sama dengan tubuh baru !

Manusia bukan PC tapi PC adalah implementasi konsep manusia.

PC : Processor, Memori, Storage

Manusia : Daya Pikir, Memori/Ingatan, Kumpulan Ingatan

Orang Zaman dulu tidak menyangka manusia bisa terbang, tapi ternyata bisa. Sama dengan kita saat ini, tidak akan menyangka manusia bisa hidup terus menerus, hingga nanti ada teknologi sangat sempurna dari CLONE dan MEMORI TRANSFER !

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

jesusfreaks's picture

@veritas : kita sepakati dulu analoginya

gw belum sepakat dengan analoginya.

karena processor, memori, storage adalah kata benda. DAN Salah di identikkan dengan daya pikir, ingatan, kumpulan ingatan.

processor = otak manusia

file = ingatan

storage = tampat menyimpan ingatan

processor kalau diganti ya jelas beda processor.

storage kalau diganti ya beda storage

ingatan bisa saja ditransfer, kemana ? ke storage yang lainkan.

 

so, manusia belum mampu ABADI alias TIDAK MATI. mustahil jadi Elohim dari Elohim. Maut yang sesungguhnya adalah KETIADAAN. Tak BERBEKAS. BANISH.

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Veritas's picture

@ JF... Setuju untuk Banished !

Processor itu ibarat otak (alat untuk memproses), Memori ibarat pikiran masa kini, Hardisk ibarat pikiran secara keseluruhan (ingatan dari lahir sampai mati).

Jadi ketika kita hendak membuka file kenangan SMP, tinggal di-load kedalam memori dan prosessor akan memproses dan menampilkan ke display (Bayangan).

Nah sekarang ada seorang A. Si A ini menjelang ajalnya mengclone dirinya sehingga tercipta dirinya yang identik berbentuk bayi dengan tentunya DNA yang sama. Nah setelah si bayi hidup lalu ditransfer DATA si A ke si bayi. DATA ini berupa semua informasi yang ada didalam otaknya dari dia lahir hingga menjelang mati. Nah ketika dia nanti besar dia akan sadar bahwa dia adalah si A yang dulu mati dan sekarang hidup dengan tubuh baru.

Kayaknya ini pernah difilm-kan deh di Hollywood (Harry Potter kalau ga salah)

Sekarang yang menjadi permasalahan adalah bagaimana mengambil data/file yang ada didalam otak kita. Proses Ekstrak dan transfer data di otak belum ada.

Ingat, manusia telah mencapai zaman teknologi yang luar biasa. Bahkan Organ-organ penting dalam tubuh pun sudah bisa ditransplantasi.  Hanya otak yang belum bisa ditransplantasi.

Masalah manusia adalah tubuh fisiknya (SOMA) tidak abadi. Tubuhnya semakin lama semakin lemah. Jika suatu saat ada teknologi yang bisa membuat tubuh bertahan hidup hingga ribuan bahkan jutaan TAHUN, atau REGENERASI sel-sel SOMA, maka tinggal menunggu waktu bahwa konsep TUHAN tinggal kenangan ! Bukankah konsep keagamaan didunia ini bahwa TUHAN MEMBERIKAN HIDUP KEKAL?

Mati adalah banish atau hilang atau lenyap tak berbekas, saya setuju :)

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq